The effect of creative teaching technique (program pelatihan kreatifitas)
Abstract
The
focus of this study is increasing creative problem-solving study through
creativity training programs for teacher trainee Tarbiya and Teaching Science.
Results of previews research in relation to structured programs for fostering
creative thinking and problem-solving abilities include the Productive Thinking Program (Covington,
Crutchfield, Davies, & Olton, 1972, the Purdue
Thinking Skill Program (de Bono, 1973, 1976, 1983). These
studies investigated differences in student primary, elementary and high
school creative thinking while this study investigates the creative teaching
problem-solving in adult learner the PGMI (Teaching Trainee for
Elementary), The experiment was conducted in firsts semester of the
school year 2015/2016 0f 2 September, 25 –December 2015. ( The main
objective of this study to answer the question whether teaching creative
increase the ability of the trainer teacher to respond to the varied challenges
on their elementary student in a creative manner. The creative training program
consisted of class discussion and also active stimulation creative problem-solving.
The Participant of this research is PGMI students age 19-20. Classes manipulate
by teaching creative or student discussion. The result showed that experimental
class increases creative problem solving then discussion class. The
recommendation for teacher use teaching creative in the class room.
Abstrak
Fokus pada
penelitian ini adalah pembelajaran untuk meningkatkan pemecahan masalah secara
kreatif melalui program pelatihan kreativitas untuk bidang ilmu Tarbiyah dan
Keguruan. Hasil penelitian pratinjau dalam kaitannya dengan program yang
terstruktur untuk meningkatkan pemikiran kreatif dan kemampuan memecahkan
masalah, diantaranya yaitu Program Berpikir Produktif (Covington, Crutchfield,
Davies, & Olton, 1972, Program Keterampilan Berpikir Purdue (deBono, 1973,
1976, 1983). Penelitian tersebut telah menginvestigasi perbedaan pemikiran
kreatif pada siswa SD, SMP dan SMA sedangkan penelitian ini menyelidiki
pengajaran pemecahan masalah pengajaran kreatif pada pelajar dewasa yaitu untuk
PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah). Percobaan ini dilakukan pada
semester pertama tahun ajaran 2015/2016, 2 September- 25 Desember 2015. Tujuan
utama penelitian ini yaitu untuk menjawab pertanyaan apakah pengajaran kreatif
dapat meningkatkan kemampuan guru pelatih untuk merespon terhadap tantangan
yang variatif pada siswa SD mereka secara kreatif. Program pelatihan kreatif
terdiri dari diskusi kelas dan juga stimulasi aktif yang kreatif dalam
pemecahan masalah. Peserta penelitian ini adalah siswa PGMI usia 19-20 tahun.
Kelas dimanipulasi dengan pengajaran kreatif
atau diskusi siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa ada peningkatan pada kelas
eksperimen dalam pemecahan masalah secara kreatif dibanding kelas
diskusi.Direkomendasikan agar guru menggunakan pengajaran kreatif di ruang
kelas.
Jangan
lupa buat klik link dibawah ini juga ya! Bisa di download juga artikelnya.
Komentar
Posting Komentar