Metakognitif
adalah pengetahuan dan kesadaran tentang proses kognisi, atau pengetahuan
tentang pikiran dan cara kerjanya. Dalam memecahkan masalah kimia, memerlukan
keterlibatan metakognitif. Setiap siswa memiliki kemampuan metakognitif yang
berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level
metakognitif siswa dalam memecahkan masalah pada materi kelarutan dan hasil
kali kelarutan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri di Tangerang
Selatan dengan subjek penelitian sebanyak 104 siswa. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif sehingga datanya berupa hasil
tes essai. Hasil tes essai tersebut dianalisis dan ditentukan level
metakognitifnya berdasarkan indikator yang telah dibuat. Hasil yang diperoleh
dari penelitian ini adalah sebanyak 14.42 % siswa berada pada level
metakognitif Aware Use, sebanyak 73.08 % siswa berada pada level
metakognitif Strategic Use dan sebanyak 12.50 % siswa berada pada level
metakognitif Relective Use. Siswa yang memiliki hasil belajar yang tinggi
di dalam kelas berada pada level metakognitif Reflective Use. Siswa yang
memiliki hasil belajar yang sedang di dalam kelas berada pada level
metakognitif Strategic Use.Dan siswa yang memiliki hasil belajar yang rendah di
dalam kelas berada pada level metakognitif Aware Use. Rata-rata level
metakognitif siswa berada pada level metakognitif Strategic Use, karena
rata-rata siswa dapat menggunakan dan menyadari strategi yang tepat dalam
menyelesaikan masalah, tidak hanya mampu memahami masalah.
Selengkapnya
jangan lupa klik link dibawah ini juga ya. Bisa di download juga lho
artikelnya!
Keren. Good luck!
BalasHapus